Kamis, 05 September 2013

Berburu Kuliner di Kota Malang

makan-makan? siapa sih yang ga suka di ajakin makan, apalagi makan nya di luar kota tempat kita tinggal.
sekitar pukul 08.45 pagi , kereta malabar kelas ekonomi tujuan malang berhenti di stasiun kota Malang. perjalanan saya dari bandung ke kota malang memakan waktu kurang lebih 13 jam. dengan kondisi mengantuk dan badan pegel-pegel, saya berjalan keluar stasiun menuju parkiran motor untuk menemui temen saya yang menunngu saya di situ. Temen saya yang menjemput itu orang asli malang. Dari stasiun kota saya di bawa oleh temen saya ke jl.kawi. disana kami berhenti di warung pecel pinggir jalan. Pecel kawi ternyata terkenal enak di kota itu. dengan harga Rp8000 saya sudah mendapat seporsi pecel komplit dan segelas es teh manis. Setelah selesai sarapan, saya dan temen kembali mengendarai sepeda motor ke alun-alun kota malang. Di alun-alun kota saya hanya berfoto-foto, karna badan tersa sangat capek dan lelah, saya meminta temen mengantar  ke penginapan murah. Saya menginap di home stay kosabra, di Jl. Gersik tepat di depan Universitas Negri Malang. Biaya kamar per malam nya Rp50000.

Setelah beritirahat, malam hari nya saya memulai petualangan  berburu kuliner di kota malang. Walaupun cuaca tidak mendukung (saat itu sedang gerimis), saya dan temen menuju ke Jl.letjen S. Parman.  Di sana ada reto Gloria, reto ini sudah ada sejak tahun 1970. Di resto ini menu yang sangat terkenal dan menjadi favorit pengunjung nya adalah “HOT CUI MIE”, Hot cui mie ini di perkenal kan di kota malang pada tanggal “9 februari 2000”. Hot cui mie ini di sajikan sangat unik, yang paling unik adalah mangkuk nya juga bisa di makan. Hot cui mie juga di sajikan dengan beberapa pilihan rasa antara lain, Hot Ayam, Hot Sapi, Hot Cumi, Hot Udang, hot kakap crispy dan hot jamur. Dan bagi anda pengunjung yang tidak doyan pedas dapat memilih menu  “No Hot Cui Mie” yang di sirang dengan saus No Hot. Setelah menyantap Hot cui Mie dan es campur, saya dan temen kembali berburu makanan. Makan durian mungkin sudah biasa, tapi makan durian dengan suasana mistis? Hanya di kota malang yang ada. Setelah dari resto gloria saya dan temen menuju Jl.veteran untuk menyantap durian. Harga buah berkulit tajam ini mulai dari Rp10000 sampai Rp30000.kenapa suasana saat makan durian ini mistis, pedagang durian ini berdagang tepat di depan makam taman pahlawan, jadi ketika menyantap durian,
kita juga bisa mencium wangi-wangian khas dari kuburan,hihi. Hari mulai larut saya di antar kembali oleh teman ke penginapan untuk bersistirahat.

Hari ke dua di malang, pagi hari sekitar pukul 08.00 saya keluar dari penginapan dan berjalan kaki menuju  universitas brawijaya. Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit saya sampai di universitas no 1 di malang. Disana saya langsung menuju kantin yang berada di belakang fakultas Teknologi Pertanian. Di situ saya memesan “BLACK SOUP” alias Nasi Rawon. Sajian nasi rawon ini sangat menggugah selera makan saya. Selain nasi dan daging sapi yang di iris, kuah yang di taruk di nasi ini kental dan di campur biji keluwak membuat kuah berwarna hitam, dan campuran bumbu yang pas seperti bawang merah, bawang putih, serai, daun salam,daun jeruk,lengkuas, kemiri, ketumbar dan jahe menambah harum dan rasa kuah hitam kental panas ini untuk langsung di santap. Dengan harga Rp7000 kita saya sudah mendapat seporsi sedap “THE BLACK SOUP”.

Siang itu suasana sangat panas, ketika temen saya sudah selesai urusan almamater nya untuk hari ini, saya dan temen menuju ke sebuah toko ice cream “ESKIMO”. Bagi pecinta ice cream, apabila berkunjung ke kota malang toko ini wajib di kunjungi , toko ini merupakan toko ice cream yang terkenal di kota itu. banyak menu ice cream yang tersaji salah satu nya adalah ESKIMO SPECIAL  dengan komposisi, ice cream moca,slogroom,whipped cream, liquire, chary , dan rhum raishin membuat tenggorokan terasa hangat apa bila menyantap eskimo special.  Dari griya eskimo, saya dan teman menuju ke Jl. Pahlawan Trip. Di situ terdapat satu toko bakso bakar yang terkenal enak di kota malang. Bakso bakar di sajikan dengan bumbu yang kental dan sangat pedas, dan di sajikan juga kuah bening nya dengan mangkuk terpisah.  Dengan Rp10000 saya kita sudah mendapat kan seporsi bakso bakar yg gurih dan pedas.

Warung sepesial sambel terletak di Jl.Raya Sengkaling. Bagi penggila pedas wajib datang ke warung ini. karna banyak sekali menu sambal yang di sajikan, mulai dari sambel terasi, sambel belut, sambel bawang, sambel cumi dan masih banyak lagi. Saat itu saya dan teman memesan, es teh manis 2 gelas, jus sirsak bulan 1 gelas, sambel belut, sambel bawang bakar, sambel cumi, ayam goreng dada, bawal goreng, udang goreng  2 porsi, dan nasi 2. Menu favorit saya adalah sambel cumi di mana cumi di lumurin sambel yg super pedas dan sambel nya sedikit berkuah membuat lidah saya tidak berhenti bergoyang. Dan untuk semua pesenan itu saya dan temen hanya mengeluarkan uang Rp70.000 saja, murah bukan.

Sebelum saya berangkat menuju kota selanjutnya, ga afdol rasanya apabila tidak mencicipi bakso malang yang sangat terkenal. dua jam sebelum saya berangkat, saya di bawa oleh teman untuk merasakan enak nya, gurih nya, lezat nya rasa bkso khas malang yaitu “BAKSO CAK MAN”. Ternyata bakso bukan hanya berbentuk bulat, ada juga bakso berbentuk petak di situ. Dengan merogoh isi kantong Rp30.000.saya dan teman sudah bisa menikmati 2 mangkuk bakso di tambah telur puyuh, ati ampela , kikil dan 2 gelas es teh manis.